menu melayang

Sunday, June 1, 2014

Kisah Inspiratif Filosofi Hedgehoc ( Sejenis Landak )

Cerita inspiratif & sangat membuka mindset ini, saya kutip dan saya ketik ulang ( dari website inspiratif  iphincow ) untuk menjadi bagian cerita inspiratif pilihan saya. Yakni, sudut pandang lain, tentang bagaimana kita menyikapi sebuah hubungan satu sama lain dalam menjalani kehidupan dengan lebih indah dan penuh makna. 

Landak adalah hewan pengerat yang memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri tajam. Hewan ini dapat ditemukan di Asia, Afrika maupun Amerika dan cendrung menyebar dikawasan Tropika.

Filosofi Hedgehoc

Hari itu, adalah musim salju yang paling extrim di Kanada. Banyak binatang yang mati akibat rasa dingin yang teramat sangat.

Di suatu daerah, tinggal sekelompok Hedgehog (sejenis landak). Mereka memutuskan untuk tinggal secara berkelompok di dalam sebuah goa, agar tetap hangat. Mereka mendekatkan diri satu sama lain. Namun ketika mulai berdekatan, duri duri mereka melukai teman teman terdekat mereka.

Setelah beberapa saat, mereka pun memutuskan untuk menjaga jarak satu sama lainnya. Akibatnya, mereka mulai merasakan dingin yang membeku, dan akhirnya terancam mati. Jadi mereka harus memutuskan : menerima duri-duri temannya, atau mati.

Secara bijaksana, mereka memutuskan kembali untuk bersatu. Mereka pun belajar untuk hidup dengan luka-luka kecil akibat jarak yang sangat dekat dengan sahabat-sahabatnya supaya dapat merasakan kehangatan. Cara inilah yang membuat mereka akhirnya selamat dan dapat bertahan hidup.

Pesan Cerita ini :
Hubungan yang terbaik dalam hidup ini bukanlah hubungan yang membawa orang-orang sempurna dalam kelompok. Tetapi ketika semua induvidu belajar hidup dengan ketidaksempurnaan orang lain, serta mampu "mengapresiasi" semua kehangatan yang diberikan oleh teman-temannya.

Hal inilah yang membuat hidup kita menjadi lebih "hidup" (bermakna) dan "mampu bertahan" dalam situasi atau lingkungan ekstrim sekalipun.




Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel